Minggu, 20 Januari 2013

Umpan mancing ikan lele (kolam dan sungai)



Ada bermacam jenis umpan untuk ikan lele :
1. Cacing
Umpan cacing adalah umpan yang paling umum, untuk ikan lele cacing yang digemari adalah cacing sawah (cacing merah dan cacing cobra). Untuk cacing tanah yang disukai cacing lur ( cacing agak putih kemerahan, seperti ada cincin di leher). Untuk pemasangan di mata kail usahakan berbentuk menggerombol, dapat berisi 2 – 5 cacing dalam 1 mata kail.
Lokasi : kolam dan sungai
2. Jangkrik dan orong-orong
Ini juga termasuk umpan yang ampuh untuk ikan lele, jenis umpan ini hampir sama. Tapi orong-orong cenderung lebih ganas. Cara pemasangan: kepala dan kaki dibuang, tancapkan mata kail melalui leher, ujung belakang (pantat) di sobek sedikit kemudian badan jangkrik/orong-orong ditekan sehingga bagian dalam perut keluar sedikit. Bila suhu air dingin / di malam hari bisa dibakar sedikit untuk mengeluarkan aroma.
Lokasi: kolam dan sungai
3. Ikan kecil (ikan cemplon/gathul)
Biasanya ikan besar menyukai umpan ini, tapi pada saat pelepasan ikan di kolam, umpan ini lumayan ampuh juga.
Lokasi: kolam dan sungai
4. Katak kecil
Umpan ini cenderung akan dimakan ikan lele yang besar
Lokasi: sungai
5. Daging ayam
Umpan ini baik untuk di gunakan saat lomba, ikan yang baru dari tandon cenderung menyukai umpan ini. Caranya daging ayam di kukus, kemudian disobek kecil-kecil dan memanjang. Pasang mata kail pada bagian tengah memanjang sobekan daging ayam, isi 3 – 5 sobekan. Untuk hasil maksimal celupkan dulu ke dalam kuning telur bebek yang di aduk sebelum dilempar ke air.
Lokasi: kolam.
6. Bubur Kroto
jika ingin mengumpulkan ikan, umpan ini jagonya,(lihat selengkapnya)http://a-tyo-ikanairtawar.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar